top of page
  • Gambar penulisPratama Tour

8 Tempat Wisata di Yogyakarta

Ketika berkunjung ke Yogyakarta / Jogja, Anda pasti tahu bahwa banyak sekali hal yang dapat anda lakukan. Berikut adalah 8 hal yang paling kami rekomendasikan di Jogja, terutama nomor 1.



1. Melihat Sunrise di Candi Borobudur

Monumen Buddha terbesar di Dunia, Candi Borobudur. Berbentuk Piramida dengan 9 tingkat, 2672 panel berukir dan 504 patung Buddha. Kemudian, di tingkat teratas ada 72 stupa berbentuk lonceng, masing-masing berisi patung Buddha. Pada masa lampau, candi ini menjadi sasaran oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dengan meledakkan bom yang menghancurkan bagian-bagian tertentu dari candi. Saksikan pemandangan yang menakjubkan pada saat matahari terbit. Setelah matahari terbit, Anda dapat menjelajahi Borobudur, sebelum sarapan santai di restoran terdekat. Satu hari yang dihabiskan di Candi Borobudur adalah salah satu hal terbaik untuk dilakukan di Yogyakarta. Jangan sampai ketinggalan!



2. Goa Jomblang

Goa Jomblang adalah salah satu daya tarik wisata dari Yogyakarta. Mengapa? Tentunya, ini adalah situs foto Instagramable! Sekitar 90 menit berkendara dari Yogyakarta, Anda akan tiba di gua ini. Cara unik untuk memasuki Goa Jomblang adalah Anda akan diturunkan 60 meter di tepi tebing ke lubang gua dengan sabuk pengaman dan tali. Ada cahaya yang bersinar melalui langit- langit gua dari atas dan setiap pagi cahaya turun menyinari seperti sorotan alami. Bawa kamera Anda ke situs ini untuk peluang foto yang luar biasa.


3. Mendaki Gunung Merapi

Ada banyak gunung berapi di sekitar Yogyakarta yang ditujukan untuk mendaki. Gunung Merapi, salah satu gunung terbesar di Jawa dan gunung berapi paling aktif di Indonesia. Gunung ini berjarak sekitar 50 kilometer dari Yogyakarta dan dikelilingi oleh alam yang indah. Untuk mendaki gunung ini, dibutuhkan sekitar tiga jam dan mulai tengah malam. Suhu sejuk namun segar dan lampu berkelap-kelip dari desa-desa di lembah-lembah di bawah ini akan terlihat selama pendakian. Meskipun itu akan menjadi perjalanan yang sulit, hal ini sangatlah memuaskan.


4. Pantai Timang

Di Pantai Timang, Anda dapat melakukan sesuatu yang berbeda. Anda akan menemukan kegiatan ini hanya di pantai ini. Sekali dalam seumur hidup, Anda dapat mencoba naik sensasi dengan kereta gantung ke batu besar di laut dengan ombak besar. Kereta gantung juga dikenal sebagai "Gondola". Kondisi Gondola itu sendiri adalah kereta gantung tradisional yang dibuat dengan bahan sederhana, bukan kereta gantung modern. Dahulu sebelum banyak orang tahu tentang pantai timang, Gondola digunakan untuk tempat memancing lobster oleh masyarakat setempat. Mental yang kuat akan dibutuhkan untuk menempuh perjalanan ini. Jarak antara pantai ke batu besar sekitar 100 meter.



5. Menonton Tari Ramayana

Pertunjukan balet teater terbuka di depan Candi Prambanan adalah suatu keharusan jika Anda mengunjungi Candi Prambana. Pertunjukan ini dimulai sekitar jam 7.30 sore dan sangat direkomendasikan untuk orang yang menyukai budaya Jawa. Salinan cerita akan diberikan sebelum pertunjukan dimulai. Untuk memiliki pemahaman yang jelas tentang plot acara, Anda harus membacanya terlebih dahulu dengan lebih baik. Candi Prambanan yang terang, langit malam, dan pertunjukan balet dengan ansambel tradisional musik Jawa akan melengkapi pengalaman Anda di Yogyakarta. Setelah pertunjukan berakhir, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk mengambil foto dengan karakter favorit Anda selama pertunjukan. Sungguh, ini adalah salah satu hal terbaik untuk dilakukan.



6. Jalan Malioboro

Dapatkan penawaran terbaik di Malioboro, tempat belanja yang terkenal. Malioboro yang terkenal adalah surga belanja bagi para pemburu suvenir. Anda akan menemukan banyak hal di sini, seperti kain, tas, karya seni, dan banyak lagi. Selain itu, makanan di sekitar jalanan juga dapat ditemukan. Spesialisasi mereka dalam makanan adalah kue beras goreng, hidangan berbasis nangka dengan nasi, daging sapi, nasi pecel, dan banyak lagi. Cara terbaik untuk menikmati jalanan di Malioboro adalah dengan berburu makanan atau menyewa becak. Sebuah kereta kuda roda empat juga tersedia di sini. Untuk mengakhiri perjalanan Anda di Yogyakarta, Anda harus berkunjung ke sini!



7. Kota Gede

Kota tua yang terkenal akan seni dan kerajinannya seperti perhiasan perak. Hanya tiga puluh menit perjalanan dari Yogyakarta dan Anda akan menemukan kota ini. Proses pembuatan kerajinan yang sebenarnya dapat disaksikan langsung di tempat. Anda juga dapat membuat suvenir perak sendiri dengan pemandu lokal. Karena itu, Anda juga dapat mengunjungi bengkel batik dan mengagumi kain-kain menakjubkan yang dipajang. Tentunya, ini akan menjadi kenangan tak terlupakan Anda di Yogyakarta.



8. Pohon Banyan Kembar

Pohon beringin kembar kembar terletak di Alun Alun Selatan, Yogyakarta. Ada banyak mitos dari penduduk setempat tentang pohon-pohon ini. Salah satunya adalah jika Anda dapat melewati pohon-pohon di tengah dengan mata tertutup, membuat permintaan, maka keinginan Anda akan dikabulkan. Mungkin terlihat mudah, tetapi sebenarnya sulit. Banyak orang yang mencoba berjalan lurus, tetapi ternyata mereka berjalan ke arah yang salah. Selain pohon kembar ini, ada banyak hal lain yang bisa kita lakukan. Semakin gelap malam, semakin tinggi kerumunan. Anda dapat menyewa becak dengan lampu modern yang dapat menampung hingga enam orang dan berkendara di sekitar alun-alun kota. Jika Anda merasa lelah, Anda dapat beristirahat dan memesan makanan jalanan di dekat hotel.

18 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page