top of page

Kuliner Wajib Coba di Bali

Ketika mengunjungi Bali, pasti Anda akan ingat dengan kuliner nya yang unik dan khas. Berikut adalah makanan-makanan yang tidak boleh Anda lewatkan!



1. Babi Guling

Mungkin adalah makanan paling ikonik di Bali, babi guling adalah salah satu hidangan enak yang harus anda coba. Makanan ini adalah salah satu makanan lokal paling terkenal di Bali, di mana daging babi dioles dengan kunyit kemudian diisi dengan bumbu – bumbu. Setelah itu dipanggang di atas sabut kelapa atau kayu hingga lembut. Biasanya disajikan dengan nasi, sosis babi, sayur - sayuran, potongan daging panggang besar dan kulit yang segar, renyah, dan harum - yang semuanya telah dimasak hingga sangat lembut dari pemasakan yang berjam – jam.

Tempat Rekomendasi : 1) Babi Guling Bu Dayu - Jl. Raya Kuta No. 116, Kuta | 19.00 – 02.00 2) Babi Guling Pak Malen - Jl. Sunset Road No. 554, Seminyak, Kuta | 08.30 – 19.00 3) Babi Guling Selingling Cepaka- Jl. Desa Cepaka No. 33, Cepaka | 16.00 – 23.00 4) Babi Guling Ibu Oka - Jl. Suweta Gianyar, Ubud | 11.00 – 18.00

2. Nasi Campur

Merupakan favorit lokal, Nasi Campur adalah makanan yang akan anda temukan di sebagian besar menu di Bali yang terdiri dari semuanya. Makanan ini adalah campuran nasi putih disertai dengan sejumlah hidangan lainnya, termasuk daging, sayuran, kacang tanah, telur, tahu, dan udang goreng. Karena tidak ada aturan bagaimana anda membuat hidangan ini, maka tidak akan pernah terasa sama dua kali. Itulah yang membuatnya sangat unik - anda tidak pernah tahu persis apa yang akan anda rasakan.


Anda dapat menemukan nasi campur di bagian lain Indonesia juga, tetapi yang membuat nasi campur di Bali berbeda adalah bumbu – bumbu khas yang digunakan di banyak masakan Bali. Untuk pengalaman nasi campur terbaik, cari warung gaya prasmanan yang memungkinkan anda untuk memilih apa yang ingin anda inginkan dari lemari kaca.

Tempat Rekomendasi : 1) Nasi Campur Ayam Bali Sukreni - Jl. Kediri, Kuta | 07.30 – 23.00 2) Warung makan Bu Kadek Wati - Jl. Gatot Subroto Barat, Kota Denpasar | 07.30 – 14.30 3) Warung Wardani - Jl. Yudistira No. 2, Kota Denpasar | 08.00 – 16.00 4) Warung Nasi Campur Bu Made - Jl. Setia Budi No. 20, Kota Denpasar | 07.00 – 23.00

3. Sate Lilit Ikan

Kita semua pernah mencoba sate sebelumnya. Anda dapat menemukannya hampir di mana-mana di Asia Tenggara. Tetapi tidak semua orang dapat mencicipi sate lilit ikan tradisional Bali. Ikan dicincang dan dibumbui, dibakar di atas arang dan hasilnya adalah rasa yang sedikit manis, sedikit pedas dan benar-benar enak yang dinikmati dari batang serai atau stik. Lebih enak jika dimakan bersamaan dengan sambal yang dibuat secara alami.

Tempat Rekomendasi : 1) Warung Wardani - Jl. Yudistira No. 2, Kota Denpasar | 08.00 – 16.00 2) Laka Leke Hideaway Restaurant - Jl. Nyuh Bojog No. 32, Ubud | 09.00 – 23.00 3) Sate Lilit Be Paseh – Jl. Pemuda III No. 24, Denpasar Selatan | 09.00 – 22.00 4) Warung Nasi Ayam Ibu Oki - Jl. Siligita No. 27, Nusa Dua | 08.00 – 21.00

4. Bebek Betutu

Tidak seperti beberapa makanan lain dalam daftar ini, Betutu adalah 100% makanan Bali dan mungkin salah satu hidangan yang lebih unik di Bali. Betutu adalah campuran bumbu - bumbu khusus dari bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, jahe liar, lengkuas, kacang lilin, cabai, terasi, dan kacang tanah yang ditumbuk halus menggunakan mortar dan alu.


Bebek lokal dioles dan diisi dengan betutu, dibungkus dengan daun pisang dan sabut kelapa, kemudian secara tradisional dimasak di lubang bara di bawah tanah hingga 24 jam. Sebagian besar restoran memerlukan pengorderan satu hari sebelumnya karena proses memasak yang lama. Tapi penantian itu pasti akan sia-sia! Pasti dagingnya menjadi ramping, mengelupas dari tulang dan sangat lezat. Biasanya disajikan dengan nasi, sambal, dan sayuran.

Tempat Rekomendasi : 1) Chandi - Jl. Kayu Aya No.72, Seminyak | 12.00 – 00.00 2) Bebek Bengil Dirty Duck Dinner - Padang Tegal, Jl. Hanoman, Ubud | 10.00 – 22.00 / ITDC Complex, Nusa Dua Beach, Benoa | 10.00 – 23.00


5. Nasi / Mie Goreng

Dianggap sebagai hidangan nasional Indonesia, nasi goreng dan mie goreng adalah makanan pokok dalam diet lokal. Mie goreng sering disajikan dengan sayuran dan pilihan ayam, udang atau babi. Kadang-kadang disajikan dengan telur goreng di atasnya, stik ayam, kerupuk udang dan saus kacang. Oh, dan jangan lupa sayur acar.


Mirip dengan Mie Goreng, tapi nasi goreng bukan mie. Ini adalah makanan pokok paling populer di Bali. Mereka benar-benar memakannya untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Pada dasarnya nasi goreng adalah campuran dari nasi sisa dengan sayuran dan daging sisa apa pun yang tersedia, dicampur dengan bawang putih, jahe, kecap manis dan beberapa bumbu - bumbu lainnya. Sangat sederhana namun sangat lezat.

Tempat Rekomendasi : a) Nasi Goreng 1001 Malam - Jl. Raya Sesetan No. 341, Kota Denpasar | 06.00 – 12.00 b) Warung Padmasari - Jl. Padma No. 14, Legian, Kuta | 09.30 – 11.00 c) Poppies – Jl. Poppies I No. 19, Kuta | 08.00 – 11.00

6. BBQ Iga Babi

Seperti yang anda ketahui, orang Bali sangat menyukai daging babi. Siapa yang bisa mengatakan tidak pada tulang rusuk? Terutama saat dimasak di atas arang dan disajikan panas dari lubang BBQ. Mungkin itu karena anda sedang berlibur atau mungkin fakta bahwa daging yang dibakar dengan arang adalah yang terbaik. Bali memiliki beberapa tempat terkenal yang terkenal karena menyajikan beberapa iga, steak, dan makanan panggang terbaik.

Tempat Rekomendasi : 1) Naughty Nuri’s - Jl. Mertanadi No. 62, Seminyak | 12.00 – 21.00 / Jl. Raya Sanggingan, Ubud | 10.00 – 21.30 2) Hog Wild with Chef Bruno - Jl. Batu Belig No. 41, Kuta Utara | 11.00 – 22.00

7. Pisang Goreng

Pisang goreng adalah pisang yang ditutupi adonan tepung kemudian digoreng. Ini adalah makanan ringan yang sangat populer yang dapat ditemukan di seluruh Indonesia dan bagian lain di Asia Tenggara. Banyak pedagang kaki lima menjual ini sendiri tetapi anda juga dapat menemukannya di restoran atau kafe.


Bali memiliki beragam pisang, mulai dari yang kecil, varietas yang manis sampai yang sangat besar hingga terlihat seperti senjata. Berbagai jenis pisang membuat pisang goreng menjadi unik dan berbeda setiap kalinya. Disajikan dengan madu atau sirup gula aren, sedikit serpihan kelapa atau es krim vanilla atau tanpa topping dari warung pinggir jalan, tidak ada yang lebih baik dari Pisang Goreng.

Tempat Rekomendasi : 1) Dewi Sri Food Center - Jl. Raya Kuta No. 59, Kuta | 08.00 – 00.00

8. Kopi Bali

Kopi di Bali tidak seperti daerah lain di Indonesia, hal ini adalah karena para pedagang dari Lombok, karena mereka membawa tanaman kopi pertama kali ke pulau itu. Mayoritas kopi tumbuh di wilayah timur laut pulau itu karena tanah vulkanik yang subur dan iklim yang ideal. Sejumlah kafe dan tempat kopi spesial di Bali menyajikan kopi kelas atas dalam segala bentuk yang hanya berharga sekitar Rp 20.000 – Rp 50.000.

Jika Anda berjalan-jalan setelah makan malam di pusat Ubud, pergilah ke Anomali Coffee karena mereka adalah salah satu sendi kopi di area ini untuk ditutup nanti. Kopi mereka yang dicampur dengan es benar-benar nikmat dan lezat di malam-malam panas yang lembab!

Tempat Rekomendasi : 1) Revolver Espresso - Jl. Kayu Ana No. Gang 51, Seminyak | 08.00 – 23.00 2) Seniman Coffee Studio - Jl. Sri Wedari No. 5, Ubud | 07.30 – 22.00 3) Anomali Coffee - Jl. Raya Ubud No. 88, Ubud | 07.00 22.00 / Jl. Dewi Sri No. 23, Kuta | 07.00 – 10.00
13 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page